KPU Kota Mojokerto Ikuti Webinar Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik Menghadapi Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024

Kota Mojokerto, kpu-mojokertokota.go.id- KPU RI kembali menggelar kegiatan secara virtual, kali ini kegiatan yang dilaksanakan adalah webinar Pengelolaan dan Pelayanan PPID dalam menghadapi Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024, Kamis (12/8/2021), sebagaimana undangan Nomor 715/PP.07-SD/06/KPU/VIII/2021 tanggal 10 Agustus 2021 yang mengundang Ketua dan Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Sekretaris, Kepala Bagian/Koordinator serta Kepala Sub Bagian/Sub Koordinator KPU se-Indonesia sebagai peserta webinar.

Webinar ini juga diikuti oleh beberapa Ormas dan stakeholder lainnya yang disiarkan live melalui laman youtube KPU RI.

Dalam sambutannya, Ilham Saputra, selaku Ketua KPU RI menyampaikan harapannya kepada seluruh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dalam menyampaikan informasi dapat dilakukan dengan akurat, benar dan tidak menyesatkan sehingga mempercepat dalam proses pelayanan informasi publik, sehingga diharapkan penyampaian informasi ke masyarakat dapat diterima dengan baik.

Lebih lanjut Ilham menegaskan bahwa “sampai hari ini masih banyak masyarakat yang ingin tahu terkait informasi penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan yang dilaksanakan oleh KPU. Untuk itu mengacu dari ketentuan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, KPU sebagai penyelenggara wajib menjalankan Pemilu berdasarkan prinsip-prinsip penyelenggaraan, salah satunya adalah keterbukaan atau transparansi. Transparansi ini tidak lepas dari keterbukaan informasi publik yang harus disampaikan kepada masyarakat”, ujarnya.

Dalam menghadapi Pemilu da Pemilihan Tahun 2024 nanti, Ilham berharap masyarakat dapat mengetahui bagaimana proses penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan pada tahun 2024 mendatang dilaksanakan oleh KPU. Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan yang terbuka dan transparan akan dapat dipahami dengan mudah oleh masyarakat, sehingga dukungan masyarakat dan pihak-pihak terkait terhadap penyelenggaraan Pemilu dapat menjadi lebih baik.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan webinar tersebut adalah Ketua Komisi Informasi RI, Gede Narayana, serta Anggota KPU RI Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dan Deputi Teknis KPU RI, H.M Eberta Kawima yang bertindak sebagai moderator .

Dalam paparannya Gede Narayana menyampaikan bahwa KPU sebagai lembaga non struktural yang 80-90% menghasilkan informasi publik, garda terdepan dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik tersebut ada pada PPID. “Tujuan dari keterbukaan informasi publik salah satunya adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, efektif dan efisien (good government), maka apabila KPU menyelenggarakan keterbukaan informasi dengan baik akan memberikan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja KPU”, jelasnya. 

I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi selaku Anggota KPU RI Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dalam pemaparan materinya menyampaikan salah satu hal yang substansial yang ada pada KPU sebagai penyelenggara Pemilu adalah terselenggaranya Pemilu dan Pemilihan secara terbuka dan transparan. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Tujuan dari pelaksanaan webinar ini adalah pertama sebagai bentuk Sosialisasi kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota tentang pentingnya pelayanan informasi di lingkungan KPU untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas; kedua untuk mewujudkan pelayanan dan pengelolaan informasi Pemilu dan Pemilihan secara tepat, cepat, biaya ringan dan sederhana dan ketiga untuk mempercepat penyelesaian sengketa informasi Pemilu dan Pemilihan serta mempercepat dalam memperoleh informasi keberatan penyelesaian sengketa informasi pemilu dan pemilihan. (fit)

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *