KPU Kota Mojokerto Ikuti FGD Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)

Kota Mojokerto, kpu-mojokertokota.go.id – KPU Kota Mojokerto mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur, pada hari Kamis (3/6/2021).  Acara ini diikuti oleh 38 KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Jawa Timur secara daring. Dalam kegiatan ini, KPU Kota Mojokerto diwakili oleh komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Imam Buchori, ST, Sekretaris KPU Kota Mojokerto, Feri Setiawan, SE, Kasubbag Hukum, Noor Ifah, SH,MIP, dan operator SPIP, Septi Tri Yaningrum, SH.

FGD SPIP ini dibuka secara resmi oleh komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Jawa Timur, Muhammad Arbayanto, SH, MH. Bertindak sebagai narasumber, Koordinator Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Provinsi Jawa Timur, Yulyani Dewi, ST, MMT.

Materi yang dibahas dalam FGD ini meliputi dasar hukum dan landasan teori SPIP serta pelaksanaannya secara teknis di lembaga KPU Kabupaten/Kota. “SPIP ini harus difahami bersama, baik oleh jajaran komisioner maupun sekretariat KPU. Mengingat bahwa unsur pengendalian dalam SPIP ini melibatkan seluruh pihak, sehingga perlu adanya koordinasi yang solid antara komisioner dan sekretariat,” ucap Arbayanto. Arbayanto juga menegaskan bahwa meskipun sudah ada Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2019 yang mengatur mengenai ranah tanggungjawab antara komisioner dan sekretariat, namun perlu ada batasan jelas terkait pembagian tugas dalam SPIP. Selain pembahasan materi, dalam FGD ini juga dilakukan simulasi pengisian alat bantu SPIP yang akan menjadi dasar pelaporan SPIP Tahunan. Diharapkan, dengan adanya FGD mengenai SPIP ini, akan ada pemahaman yang lebih baik terkait sistem pengendalian internal dan semakin menguatkan akuntabilitas lembaga KPU ke depannya. (IFA)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *