Jajaran KPU Kota Mojokerto Terima Vaksin Covid-19 Dosis Pertama

Kota Mojokerto, kpu-mojokertokota.go.id – Jajaran KPU Kota Mojokerto yang terdiri dari Komisioner, Sekretaris dan seluruh staf Sekretariat terlihat mendatangi RS. Rekso Waluyo Jl. Mojopahit Kota Mojokerto, Rabu (4/3) pagi. “Kedatangan kami ke RS. Rekso Waluyo ini karena sudah mendapatkan jadwal untuk menerima vaksin Covid-19 dosis pertama”, jelas Feri Setiawan selaku Sekretaris KPU Kota Mojokerto.

Proses penerimaan vaksin ini melalui empat tahapan. Sebelum disuntik vaksin, terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan verifikasi data, serta tes kesehatan, antara lain pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah. Setelah melalui proses tersebut kemudian menuju meja berikutnya di mana proses penyuntikan dilakukan. Usai penyuntikan, kemudian mengikuti proses observasi kemungkinan Kejadian Ikutan Pascaimunasisi (KIPI) selama sekitar 30 menit.

Setelah mengikuti proses observasi kemungkinan Kejadian Ikutan Pascaimunasisi (KIPI) selama sekitar 30 menit dan hasilnya tidak ada yang mengalami keluhan, proses selanjutnya diberikan kartu vaksinasi Covid-19, yang didalamnya tercantum status pemberian imunisasi yang berisi dosis yang diberikan, tanggal vaksin pertama dan kedua, setelah menerima kartu tersebut kemudian seluruh jajaran KPU Kota Mojokerto kembali ke Kantor dan menjalankan aktivitas sebagaimana biasannya.

Vaksin CoronaVac produksi Sinovac Life Science Co.Ltd yang disuntikkan membutuhkan dua kali penyuntikan masing-masing sebanyak 0,5 mililiter dengan jarak waktu 14 hari. Dimana vaksinasi dosis pertama bertujuan untuk mengenalkan vaksin dan kandungan yang ada di dalamnya kepada sistem kekebalan tubuh. Dosis pertama ini dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal. Selang 14 hari dari pemberian dosis pertama, dilanjutkan dengan suntikan kedua yang bertujuan untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya.

Lebih lanjut, Feri mengatakan, “jadwal pemberian vaksin covid-19 dosis kedua akan dilakukan pada tanggal 18 Maret 2021, semoga kita semua diberikan kesehatan dan dengan pemberian vaksin ini akan meningkatkan imun kita”, pungkasnya. (fit)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *