5 Juli Peringatan Hari Bank Indonesia

Kota Mojokerto, kpu-mojokertokota.go.id – Setiap tanggal 5 Juli diperingati sebagai Hari Bank Indonesia. Sesuai Pasal 23D UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia, merupakan bank sentral Republik Indonesia. Sebelumnya, Bank Indonesia bernama De Javasche Bank (DJB) yang didirikan berdasarkan Oktroi pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Kemudian pada 1 Juli 1953 DJB dinasionalisasikan menjadi Bank Indonesia.

Dilansir dari buku Kompas 100 Corporate Marketing Cases (2009) karya Hermawan Kartajaya, selama Indonesia mempertahankan kemerdekaannya, Belanda merebut bank-bank pada masa Jepang di Indonesia. Ketika Belanda berhasil membuka lagi De Javasche Bank, pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan undang-undang darurat tentang berdirinya Bank Negara Indonesia (BNI) pada 5 Juli 1946.

BNI menjadi bank pertama yang didirikan dan dimiliki oleh pemerintah Indonesia. Tanggal lahir tersebut kemudian ditetapkan dan diperingati sebagai Hari Bank Indonesi. Bank tersebut merupakan bank pertama yang mengedarkan alat pembayaran pertama kali ciptaan pemerintah Indonesia, yaitu Oeang Republik Indonesia (ORI) pada 30 Oktober 1946. (1)

Kemudian dalam Konferensi Meja Bundar (KMB) tahun 1949, Pemerintah Indonesia dan Belanda, memutuskan untuk mengubah fungsi Bank Negara Indonesia dari bank sentral menjadi bank umum. Bank BNI mulai mengarahkan usahanya untuk pembangunan ekonomi, sedangkan Bank Indonesia (yang pada waktu itu bernama De Javasche Bank) ditunjuk menjadi bank sentral.

Selamat memperingati Hari Bank Indonesia 5 Juli. Semoga Perbankan Nasional di Indonesia bisa menjadi lembaga yang terus mendukung perekonomian Indonesia agar tetap tumbuh, sehingga stabilitas perekonomian Nasional dapat terwujud. (fit)

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *