Perubahan Dapil Kota Mojokerto Jelang Pileg Tahun 2019

Kota Mojokerto-KPU_mojokertokota.go.id- Bentuk penyimpangan lainnya dalam pembentukan dapil adalah jumlah kursi sejumlah dapil melebihi jumlah maksimal kursi yang ditetapkan dalam UU.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Mojokerto kini harus mengembangkan pembagian wilayah menjadi tiga Daerah Pemilihan (Dapil) dalam pilkada, pileg dan pilpres 2019 mendatang. Keputusan itu menyusul turunnya persetujuan Pemerintah Pusat atas program pemekaran kecamatan tahun 2015 silam.

Besaran dapil anggota DPRD adalah kisaran 3 hingga 12 kursi. Kota Mojokerto yang memiliki jumlah anggota DPRD 25 orang tetapi hanya terdiri atas dua kecamatan niscaya akan menyebabkan salah satu kecamatan akan mendapatkan alokasi kursi yang melebihi batas maksimal.

Dua dapil tersebut ialah Prajurit Kulon dan Magersari, namun pada Pileg tahun 2019 nanti KPU Kota Mojokerto akan menambah 1 dapil lagi yakni Dapil Kranggan. Dengan estimasti kursi Kecamatan Prajurit Kulon sebanyak 7 kursi, Kranggan 7 kursi dan Magersari sebanyak 11 kursi. (lod)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *