Perbedaan Politik Jangan Memecah Persatuan Bangsa

Kota Mojokerto, kpu-mojokertokota.go.id — Perbedaan aspirasi politik dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) jangan sampai memecah belah persatuan kebangsaan Indonesia, termasuk di Kota Mojokerto. Sebab Pilkada hanyalah salah satu cara untuk memilih pemimpin daerah yang dilindungi konstitusi. Harapan ini disampaikan Ketua KPU Kota Mojokerto, Saiful Amin, di kantor KPU setempat, Jalan Benteng Pancasila, Kota Mojokerto, Kamis (24/11).

Harapan itu disampaikan Saiful Amin dengan mengutip pernyataan Kapolri Jendral Tito Karnavian, yang hadir sebagai pembicara dalam kegiatan “Forum  Sinergi Nasional Dialog Kebangsaan” di Gedung DPRD Jawa Timur, Jalan Indrapura, Surabaya, Sabtu (19/11) lalu. Saiful Amin hadir dalam acara itu sebagai peserta, mewakili KPU Kota Mojokerto.

Menurut Amin, Kapolri sangat berharap kebangsaan Indonesia terus dijaga, sebab para pendiri bangsa telah membangun Indonesia dengan mengedepankan persatuan dalam perbedaan. Karena itu, kata Amin mengutip Kapolri, setiap kelompok masyarakat harus menghindari konflik. “Semua konflik bisa diminimalisasi bila persamaan diperbesar dan perbedaan diperkecil,” kata Amin.

Kapolri memaparkan potensi konflik muncul dari kelompok-kelompok terkecil hingga kelompok besar di lapisan masyarakat. “Potensi konflik dari kelompok terkecil bisa dimulai dari keluarga. Setiap hari kita menerima laporan konflik rumah tangga. Belum lagi pengajuan perceraian dari suami – istri. Itu adalah contoh betapa dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga, sudah terdapat potensi konflik,” kata Kapolri, sebagaimana dikutip Amin.

Selain Kapolri, kegiatan itu juga menghadirkan Panglima TNI, yang diwakili Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal I Made Sukadana, sebagai pembicara. Kegiatan diawali dengan sambutan Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan dilanjutkan sambutan Ketua DPRD Jawa Timur Abdul Halim Iskandar. Gubernur Soekarwo berharap semangat perjuangan Budi Utomo, menjadi semangat kebangsaan Indonesia yang dilandasi Bhinneka Tunggal Ika.

Acara itu, selain dihadiri Ketua KPU Propinsi Jawa Timur beserta Ketua KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, beberapa Ketua DPRD provinsi lain, serta anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Timur. (ipul)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *