Penyampaian Perubahan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020 Via Video Conference

Kota Mojokerto-kpu-mojokertokota.go.id- Hari ini, Rabu, (02/09/2020), untuk pertama kalinya KPU Kota Mojokerto  melaksanakan video conference rapat pleno terbuka pemutahiran data berkelanjutan tahun 2020, kegiatan yang di mulai pada pukul 10.00 WIB tersebut diikuti oleh anggota KPU Kota Mojokerto, anggota Bawaslu Kota Mojokerto, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mojokerto, serta Partai Politik peserta Pemilu 2019.

Rapat Pleno dibuka oleh Ketua KPU Kota Mojokerto yang diwakili oleh M. Awaludin Zahroni, S.Pd selaku Divisi Sosialisasi, dan Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Mojokerto menyampaikan, “meskipun rapat pleno ini dilaksanakan melalui video conference tetap harus mematuhi protokol kesehatan, dan diharapkan rapat tetap berjalan dengan sungguh-sungguh”, paparnya.

Acara kemudian dilanjutkan oleh Usmuni, SE selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Mojokerto yang menyampaikan terkait Berita Acara Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan. Berdasarkan Berita Acara Nomor : 71/TIK.04-BA/3576/KPU-Kot/IX/2020 tanggal 2 September 2020, bahwasannya Komisi Pemilihan Umum Kota Mojokerto telah melakukan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020 untuk periode bulan Agustus dengan jumlah pemilih sebanyak 97.766 (Sembilan Puluh Tujuh Ribu Tujuh Ratus Enam Puluh Enam) dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 47.636 (Empat Puluh Tujuh Ribu Enam Ratus Tiga Puluh Enam) pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 50.130 (Lima Puluh Ribu Seratus Tiga Puluh ) pemilih dan tersebar di 3 (Tiga) Kecamatan.

“Jika melihat hasil rekapitulasi dalam Berita Acara per tanggal 2 September ini, ada selisih sekitar 81 (delapan puluh satu) pemilih dari Berita Acara Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilih Berkelanjutan tahun 2020 pada tanggal 5 Agustus 2020 lalu, hal ini dikarenakan ada data pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) yaitu pemilih yang pindah dan meninggal dunia sejumlah 83 (delapan puluh tiga) pemilih, serta ada ketambahan potensi pemilih baru sejumlah 2 (dua) pemilih. Selanjutnya sesuai amanah KPU RI kami akan terus melakukan pemutakhiran daftar pemilih ini setiap bulan dan akan menyampaikan hasilnya berupa Berita Acara kepada pihak terkait dalam Rapat Pleno Terbuka”, jelas Usmuni

Dari hasil video conference rapat pleno terbuka ada beberapa catatan diantaranya Bawaslu Kota Mojokerto bersedia membantu membuka posko terkait laporan masyarakat untuk mengakomodir apabila ada laporan perubahan data penduduk. (adm)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *