Pengarahan Umum Rakor Pengelolaan Data Calon Terpilih Di Tulungagung

Tulungagung-kpu-mojokertokota.go.id- Agenda hari pertama acara Rapat Koordinasi Pengelolaan Data Calon Terpilih Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019 di Tulungagung, Kamis (17/10/2019) adalah pengarahan umum dari Komisioner KPU Provinsi Jatim.

Pengarahan pertama disampaikan oleh Komisoner Divisi Data dan Informasi, Nurul Amalia. Dalam pengarahannya Nurul menyampaikan bahwa permintaan data oleh BPK terkait DPK di kabupaten/kota banyak yang berbeda datanya serta detail. Oleh karena itu Nurul mengharapkan agar divisi teknis bisa membantu divisi data dan informasi. Mengenai data, KPU RI mengharapkan semua data disiapkan secara digital sehingga memudahkan jika ada pemeriksaan.

Pengarahan kedua disampaikan oleh Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Muhammad Arbayanto. Dalam kesempatan ini Arbayanto menjelaskan bahwa salah satu ciri dari demokrasi modern adalah kepastian hukum.Salah satu program KPU RI dalam rangkaian kerja pos tahapan adalah mendokumentasikan seluruh produk hukum dengan baik. “Salah satu fungsi divisi hukum adalah pengendalian pengawasan internal” ujarnya. Lebih lanjut Arbayanto berharap divisi teknis yang merupakan jantungnya Pemilu dimana terdapat hampir 70% core produk hukum dapat menjalin kerjasama yang baik dengan divisi hukum dan pengawasan.

Pengarahan terakhir disampaikan oleh Komisioner Divisi Sumber Daya Masyarakat dan Litbang, Rochani. Rochani mengatakan bahwa dukungan minimal calon perseorangan untuk Pemilihan Umum 2020 akan segera dilaksanakan. Selain itu juga mengingatkan tentang pelaporan LHKPN bagi anggota KPU Kabupaten/Kota dimana pelaporan terakhir untuk ASN paling lambat Maret 2020. Hal lain yang disampaiakan yaitu tentang rencana pemberian KPU Award dan ajakan untuk menjaga etika. “Etika sebagai penyelenggara harus dijaga. Kita harus menjaga diri dan marwah lembaga” ujarnya. (fit)

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *