Pedoman Pencegahan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme di Lingkungan KPU

Kota Mojokerto-kpu-mojokertokota.go.id- Untuk menciptakan tata kelola pemerintahan di lingkungan KPU yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme serta bebas dari benturan kepentingan yang dilakukan oleh penyelenggara Negara perlu adanya suatu pedoman penanganan benturan kepentingan, berdasarkan hal tersebut maka KPU RI mengeluarkan Keputusan KPU RI Nomor 323/HK.03-Kpt/08KPU/VII/2020 tentang pedoman penanganan benturan kepentingan di lingkungan KPU.

Benturan kepentingan (conflict of interest) bisa terjadi dalam beberapa situasi diantaranya situasi yang dapat menyebabkan seseorang menerima gratifikasi, karena adanya hubungan afiliasi/kekeluargaan antara penyelenggara negara di lingkungan KPU dengan pihak lainnya yang memiliki kepentingan atas keputusan dan/atau tindakan sehubungan dengan jabatannya. Beberapa penyebab benturan kepentingan dapat berupa penyalahgunaan wewenang, perangkapan jabatan publik, kelemahan sistem organisasi serta adanya kepentingan pribadi.

Dengan dikeluarkannya Keputusan KPU RI Nomor 323 tahun 2020 ini diharapkan bisa menjadi pedoman bagi KPU dalam mencegah dan menyelesaikan jika terjadi benturan kepentingan atau potensi benturan kepentingan. Bagaimana cara menangani, mengidentifikasi, mencegah dan pelaporan benturan kepentingan telah diatur dalam keputusan tersebut.

Imam Buchori, selaku Divisi Hukum dan Pengawasan menghimbau agar seluruh jajaran di lingkungan KPU Kota Mojokerto dapat memahami dan mempedomani keputusan tersebut agar terbebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme serta terhindar dari benturan kepentingan sebagai penyelenggara negara. “Karena dalam keputusan tersebut tercantum bahwa bagi penyelenggara yang terbukti melakukan tindakan benturan kepentingan akan ditindaklanjuti dan diberikan saksi sesuai ketentuan perundang-undangan, maka saya menghimbau agar semua jajaran di lingkungan KPU Kota Mojokerto dapat mempedomani Keputusan KPU RI ini supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan”, paparnya. (adm)

Keputusan nomor 323/HK.03-Kpt/08/KPU/VII/2020 tentang Tentang Pedoman Penanganan Benturan Kepentingan di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum download

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *