Orientasi Tugas KPU Gunakan Metode Bridge

Jakarta-kpu-mojokertokota.go.id- Untuk mengembangkan kemampuan (capacity building) 5 anggota KPU Kota Mojokerto beserta sekretaris telah mengikuti Orientasi Tugas Gelombang V yang diselenggarakan oleh KPU RI pada tanggal 1 – 5 Oktober 2019 di Hotel Grand Mercure – Jakarta. Kegiatan ini sesuai amanah Undang undang No. 7 tahun 2017 bahwa KPU RI berwenang membina anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.
Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah menyamakan pemahaman penyelenggara pemilu di tiap tingkatan akan tugas dan tanggung jawabnya sehingga akan ada kesamaan pemahaman yang akhirnya akan membantu penyelenggara pemilu saat menyelenggarakan pemilu maupun pemilihan.
Kegiatan Orientasi Tugas dibagi menjadi lima kelas dan dari masing–masing kelas terdiri atas enam KPU Kabupaten/Kota yang berbeda dari seluruh Indonesia. Orientasi Tugas ini dilaksanakan dengan metode Building Resources in Democracy, Government, and Election (Bridge) yaitu sebuah model pengembangan kemampuan di bidang administrasi penyelenggaraan pemilihan umum yang bisa menyederhanakan persoalan kepemiluan sehingga mudah dipahami dan mudah dimaknai peserta kegiatan.
Materi yang diberikan antara lain Nilai, Asas dan Prinsip Pemilu, Etika Penyelenggara Pemilu, Pemilu Inklusif, Sistem pemilu Indonesia, Tahapan Pemilu, Tata Kelola Penyelenggara Pemilu, Perencanaan Strategis dan Perencanaan Operasional, Dilema penyelenggaraan Pemilu, Kelembagaan Penyelenggara Pemilu dan Pemangku Kepentingan Lainnya, dan Strategi Advokasi Penanganan Kasus.
Penyajian materi lebih pada bentuk partisipatif dengan melibatkan peserta secara aktif baik dalam diskusi kelompok atau kerja kelompok. Kegiatan ini juga semakin meriah dengan ice breaking, energizer, dan tema saling silang yang melibatkan peserta secara bergantian. (dhi)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *