Optimalisasi RPP, KPU Sampaikan Laporan Pembentukan RPP Naditira Wilwatikta Dalam Rapim

Optimalisasi RPP, KPU Sampaikan Laporan Pembentukan RPP Naditira Wilwatikta Dalam Rapim

Sidoarjo, kpu-mojokertokota.go.id — Pasca peresmian RPP Naditira Wilwatikta KPU Kota Mojokerto di awal bulan Mei kemarin, Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Mojokerto di minta menyampaikan laporan pembentukan RPP pada Rapim yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Timur, Selasa (6/6/2017).

Rapim yang dihadiri Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Mojokerto, Saiful Amin, didampingi Sekretaris, Sudiq, digelar KPU Jatim bersama dengan 38 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur, tanggal 6 sampai dengan 7 Juni 2017 di KPU Kabupaten Sidoarjo, jalan Cemengkalang Nomor 1 Sidoarjo.

Pada Rapim atau forum konsolidasi internal KPU se-Jawa Timur ini, Divisi SDM dan Parmas KPU Provinsi Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, mendorong optimalisasi RPP, mengingat RPP merupakan media pendidikan pemilih, yang bertujuan utama untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan. Termasuk  pada Pilkada 2018 nanti, lanjutnya, dalam optimalisasi RPP ini dibutuhkan sebuah inovasi. “Mengapa inovasi, karena pertama ide pemikiran yang out of the box akan memperkaya bentuk dan strategi pendidikan pemilih. Kedua, pendidikan pemilih tidak dapat dilakukan dengan cara-cara kaku, namun harus lebih fleksibel dengan mengedepankan local content, tapi tetap menyesuaikan perkembangan zaman,” ungkap Komisioner KPU Jatim yang menggawangi peningkatan partisipasi pemilih ini.

Gogot melanjutkan, “Inovasi dalam hal sarana dan prasarana, aktivitas, anggaran, promosi atau marketing, dan pengelolaan. Inovasi sarana dan prasarana dilakukan dengan pemanfaatan ruang dengan maksimalisasi fungsi. Lalu inovasi anggaran, KPU dapat dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan instansi pemerintah; Ormas; Parpol; maupun lembaga pendidikan, swadaya, sponsorship, dan lain-lain. Karena Kita ini didorong untuk mengoptimalkan kegiatan RPP, tapi di sisi lain anggaran tidak ada atau jika ada memang minim”, ujarnya.

Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Mojokerto, Saiful Amin, mengatakan akan menindaklanjuti arahan KPU Provinsi Jatim, “kami berupaya untuk melakukan beberapa inovasi untuk memaksimalkan fungsi RPP Naditira Wilwatikta”, dan hal ini diamini Sekretaris KPU Kota Mojokerto, Sudiq, yang menyampaikan ada beberapa agenda yang sudah dijadwalkan untuk melakukan fasilitasi pendidikan pemilih melalui optimalisasi RPP. (fit)

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *