KPU Kota Mojokerto Adakan Evaluasi Dana Kampanye Bersama Partai Politik Peserta Pemilu 2019

Kota Mojokerto-kpu-mojokertokota.go.id- KPU Kota menggelar acara Evaluasi Dana Kampanye Peserta Pemilu Tahun 2019, Rabu (7/8/2019). Acara yang digelar di Warung Bakaran Apoeng diikuti oleh Partai Politik peserta Pemilu 2019, Bawaslu dan media serta menghadirkan pemateri mantan Komisioner KPU Kota Mojokerto, Sukrisno Adi dan pemateri dari IAI Jawa Timur, Lintang Venusita, SE, Ak, M.Si, CA serta dimoderatori oleh Komisioner Divisi Hukum, Imam Buchori. Dalam acara ini Sukrisno Adi diundang sebagai pemateri terkait jabatannya yang selama Pemilu 2019 bertugas sebagai Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Mojokerto sehingga perlu untuk mereview tahapan Pemilu 2019 di Kota Mojokerto.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua KPU Kota Mojokerto, Saiful Amin. Dalam sambutannya Amin mengatakan bahwa evaluasi ini digelar dalam rangka merwview hal-hal yang sudah dilakukan terkait dana kampanye Pemilu 2019. Dalam Pemilu KPU melakukan asistensi terkait dana kampanye kepada partai politik agar pelaksanaan kampanye bisa berjalan dengan lancar dan kondusif.

Sukrisno Adi menjelaskan bahwa tahapan Pemilu tanpa adanya peran aktif partai politik maka akan mengalami gangguan. Lebih lanjut Sukrisno mengatakan bahwa tidak ada kendala yang berarti dalam tahapan kampanye di Kota Mojokerto pada Pemilu 2019, Kultur partai politik dalam menghadapi Pilkada dan Pemilu secara periodik mengalami peningkatan. Salah satu indikasinya adalah ketepatan waktu dalam penyerahan berkas administrasi di setiap periode tahapan. Sukrisno berharap skema-skema yang sudah berjalan dengan baik bisa dipertahankan serta ditingkatkan.

Dalam pemaparan materinya, Lintang Venusita mengatakan bahwa hal yang dinilai pada audit adalah tentang kepatuhan. Dalam hal ini sistem yang ada akan diuji apakah sudah dijalankan atau belum serta pengambilan sample dari semua partai politik. Hal yang dibahas dalam materi Lintang antara lain tentang sample audit, contoh pengambilan sample, prosedur audit yang direkomendasikan untuk menguji asersi laporan dana kampanye, dan sosialisasi audit LDK. Dalam acara ini juga diselingi sesi tanya jawab dan masukan dari peserta. (nat)

 

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *