Hari Kedua Rakor Evaluasi dalam menghadapi Langkah-Langkah Akhir Tahun 2020

Lawang-Kabupaten Malang, kpu-mojokertokota.go.id – Hari kedua, Selasa (3/11/2020), Rapat Koordinasi dilanjutkan dengan Penyampaian Langkah-Langkah Akhir Tahun 2020 (LLAT) oleh narasumber dari Kanwil DJPB Provinsi Jawa Timur. Pada kesempatan pertama, Epi Suswanto Kabid PPA 1 Kanwil DJPB Provinsi Jawa Timur menjelaskan bahwa pentingnya  penyampaian sosialisasi LLAT dalam rangka pengaturan serta pengendalian saldo kas Negara serta persiapan tutup buku dalam menghadapi akhir tahun 2020. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi penumpukan pekerjaan pada akhir tahun anggaran. Oleh karena itu Menteri Keuangan berwenang mengatur Penerimaan Negara dan Pengeluaran Negara pada akhir tahun anggaran sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Jo. Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2018, Peraturan Menteri Kaeuangan Nomor 163/PMK.05/2013 Jo. 186/PMK.05/2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun Anggaran (Pasal 22), serta Perdirjen Perbendaharaan tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Pada Akhir Tahun Anggaran.

Langkah-langkah menghadapi Akhir Tahun dimulai tanggal 1 Oktober 2020, sedangkan pada akhir tahun (Desember 2020) dimulai tanggal 1 s/d 23 Desember 2020 dimana hanya terdapat 17 hari kerja. Menyikapi hal tersebut Kanwil dan KPPN berkoordinasi dengan satuan kerja dan bank, menyamakan persepsi untuk melakukan penyetoran sesuai dengan ketentuan dan memanfaatkan channel penerimaan yaitu MPN G3

Dalam upaya tertib administrasi dan tepat waktu dalam pembayaran pengeluaran negara melalui uang persediaan/tambahan uang persediaan, cash dan kartu kredit pemerintah, narasumber menyampaikan jadwal serta tanggal-tanggal penting yang dapat digunakan sebagai pedoman kerja oleh KPU Kabupaten/Kota. Adapun satuan kerja juga dapat melakukan update Rencana Penarikan Dana (RPD) Harian dengan menyesuaikan data pada halaman III DIPA guna mempermudah KPPN dalam menganalisis perencanaan serta realisasi dari masing-masing satuan kerja pada akhir tahun 2020.

Pada kesempatan kedua, Ariswanto Kepala Seksi PPA 1 C Kanwil DJPB Provinsi Jawa Timur menyampaikan materi mengenai Administrasi Pengelolaan Hibah sesuai PMK Nomor 99/PMK.05/2017 kepada seluruh perserta baik kepada KPU Kabupaten/Kota yang saat ini sedang melaksanakan Pilkada Serentak 2020 maupun yang Non Pilkada.

Selaku Bendahara, Andi Setiawan, menyampaikan bahwa materi yang disampaikan oleh narasumber memberikan gambaran kepada para bendahara tentang pengelolaan anggaran di akhir tahun, “materi yang disampaikan dapat menjadi acuan bagi kami bendahara dalam pengelolaan keuangan, terutama terkait langkah-langkah akhir tahun yang harus dicermati agar tidak menjadi kendala”, ujarnya. (admin)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *